Teknologi-Mobil-Hybrid-Pengertian-Jenis-dan-Kelebihannya

Teknologi Mobil Hybrid : Pengertian, Jenis dan Kelebihannya

teknognews.com. Hallo sahabat teknognews.com. Bagi pecinta otomotif pasti sudah tidak asing dengan teknologi mobil hybrid. Kali ini tim teknognews.com akan mengulas tentang teknologi mobil hybrid. Ini merupakan salah satu jenis mobil yang tengah populer saat ini karena memiliki dua jenis mesin penggerak yaitu mesin dengan bahan bakar minyak dan motor listrik.

Seiring perkembangannya, teknologi dalam dunia otomotif semakin canggih dan banyak pilihan. Salah satu contohnya seperti mobil hybrid. Mobil jenis ini dianggap lebih efisien bahan bakar serta lebih ramah lingkungan.

Perlu Anda ketahui, bahwa mobil hybrid berbeda dengan mobil. Pada mobil listrik sumber penggerak mobil sepenuhnya berasal dari motor listrik. Sedangkan pada mobil hybrid masih menggunakan bahan bakar minyak. Untuk lebih jelasnya tentang apa itu mobil hybrid, simak penjabaran berikut ini.

Pengertian Apa itu Teknologi Mobil Hybrid Indonesia

Mobil hybrid merupakan jenis mobil yang menggunakan sistem penggerak dengan dua sumber energi, yaitu bahan bakar dan listrik. Bahan bakar  di  mesin pembakaran dalam dan listrik yang dihasilkan dari  baterai hasil pemrosesan motor listrik.

Kombinasi d dua sumber energi ini diklaim mampu menghasilkan efisiensi lebih tinggi jika dibandingkan dengan mesin konvensional. Tidak hanya itu, mobil hybrid juga diklaim mampu mengurangi polusi hingga sebesar 90%.

Cara kerja dari mobil jenis ini adalah motor listrik berfungsi sebagai generator ketika pedal rem diinjak. Energi yang dihasilkan selama pengereman selanjutnya akan disimpan dalam baterai kecil yang nantinya akan digunakan saat mobil berakselerasi dari keadaan diam.

Di Indonesia sendiri ada banyak tipe mobil  yang sudah menggunakan sistem teknologi mobil hybrid ini, antara lain Toyota Corolla Cross 1.8 A/T Hybrid, Suzuki All New Ertiga Hybrid, Jaguar F-PACE, Mitsubishi Outlander, dan masih banyak lagi.

Jenis-Jenis Mobil dengan Sistem Hybrid

Secara umum, mobil dengan sistem hybrid terdiri dari tiga jenis sistem, diantaranya adalah full hybrid, mild hybrid dan plug in hybrid. Masing-masing jenis memiliki cara kerja yang berbeda-beda. Lebih lengkap tentang apa saja jenis mobil hybrid, berikut penjabarannya :

  1. Full Hybrid

Sistem full hybrid terdiri dari beberapa jenis yaitu parallel hybrid, serial hybrid serta parallel serial hybrid. Pada sistem parallel hybrid, sumber tenaga diperoleh dari tiga kombinasi yaitu mesin bensin, motor listrik atau kombinasi dari keduanya.

Kedua sumber tenaga pada teknologi mobil hybrid ini akan secara aktif bekerja terus menerus  dan tidak dapat dipisahkan. Pada kecepatan rendah, mesin bensin akan melakukan pengisian daya baterai ketika menggerakkan roda kendaraan.

  1. Mild Hybrid

Sistem mild hybrid bisanya menggunakan baterai tambahan akan tetapi kapasitas lebih kecil dari baterai utamanya. Sistem ini berperan untuk meringankan kerja mesin saat angkatan awal karena beban kerja lebih berat.

Sistem ini tidak memakai motor listrik yang terpisah namun memanfaatkan optimalisasi komponen starter generator dari starter motor dan alternator yang terhubung dengan mesin utama. Sistem ini berfungsi untuk membantu meringankan kinerja mesin bensin dengan cara memberikan suntikan tenaga pada saat awal akselerasi

  1. Plug in Hybrid

Mekanisme sistem plug in hybrid tidak jauh berbeda dengan sistem full hybrid.  Akan  tetapi sistem teknologi mobil hybrid ini menawarkan daya jelajah penggunaan motor listrik yang lebih jauh karena penggunaan baterai dengan kapasitas lebih besar.

Untuk  mobil hybrid jenis ini, pemilik kendaraan bisa melakukan pengisian ulang daya baterai. Caranya adalah dengan melakukan pengecasan di rumah atau SPKLU dengan menggunakan plug in tersebut. Karena menggunakan kapasitas baterai yang besar, mesin bensin jadi jarang digunakan.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hybrid

Beberapa waktu belakangan ini banyak orang yang mulai mencoba mobil dengan sistem hybrid. Akan tetapi masih banyak juga yang tetap menggunakan mobil konvensional atau bahkan memilih mobil listrik.

Sebelum memutuskan untuk mencoba teknologi mobil hybrid, ketahui dulu beberapa kelebihan dan kekurangannya seperti di bawah ini :

  1. Kelebihan Mobil Hybrid
  • Irit bahan bakar minyak
  • Rendah emisi gas buang
  • Minim getaran dan rendah suara mesin
  • Peningkatan performa akselerasi dan kecepatan
  • Memakai transmisi CVT
  1. Kekurangan Mobil Hybrid
  • Harga jual baru mobil hybrid lebih mahal
  • Sistem kelistrikan sangat rumit dan mahal
  • Berbahaya untuk pengendara motor dan pejalan kaki

Perbedaan Mobil Hybrid dengan Mobil Listrik

Masih banyak orang yang menganggap bahwa mobil hybrid sama dengan mobil listrik. Padahal dalam kenyataannya, mobil listrik dan teknologi mobil hybrid sangat berbeda. Kedua jenis mobil ini memiliki cara kerja yang berbeda.

Pada mobil listrik, sumber energi secara penuh berasal dari aliran listrik yang dihasilkan oleh baterai. Mobil listrik biasanya juga dibekali dengan baterai cukup besar sehingga mampu menempuh jarak ratusan kilo meter hanya dengan satu kali pengisian saja.

Mobil ini memang diklaim lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan mobil hybrid. Namun semakin tinggi kecepatan mobil yang dipacu maka akan semakin tinggi juga konsumsi sumber tenaga. Itu artinya Anda harus lebih sering melakukan pengisian ulang daya baterai.

Teknologi mobil hybrid sangat cocok digunakan untuk mobilitas di kawasan perkotaan. Efisiensi bahan bakar yang bagus serta rendahnya emisi membuat mobil ini lebih ramah lingkungan serta minim perawatan. Hal ini pastinya sangat cocok untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi.

Mobil hybrid bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang membutuhkan kendaraan irit bahan bakar. Saat ini lokasi SPKLU sebagai tempat pengisian daya mobil full hybrid juga sudah tersedia di berbagai tempat sehingga semakin memudahkan pengguna teknologi mobil hybrid.

Demikian sekilas ulasan tentang teknologi mobil hybrid, silahkan simak artikel menarik lainnya, terimakasih.