6. Spesifikasi Toyota Innova Zenix, Ketahui Sebelum Membelinya

Spesifikasi Toyota Innova Zenix, Ketahui Sebelum Membelinya

teknognews.com. Hallo sahabat teknognews.com.  Toyota Innova Zenix merupakan keluarga Kijang pertama yang menggunakan mesin Hybrid. Zenix tidak memiliki mesin diesel seperti model lama dan harga yang ditawarkan ada ada pada kisaran Rp400-Rp650 juta.

Tidak hanya akan dipasarkan untuk Tanah Air, model ini juga akan diluncurkan pada pasar global. Kehadiran model ini sangat dinantikan oleh masyarakat, di mana spesifikasi mobil merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu.

Spesifikasi sebuah produk akan menentukan kualitas mereka. Dengan begitu, konsumen akan selalu memperhatikan bagian dari spesifikasi yang dihadirkan oleh developer sebelum membeli produk, khususnya mobil. Berikut ulasan yang disajikan oleh tim teknognews.com.

Toyota Innova Zenix dengan Spesifikasi Kendaraan Terbaik

Sama seperti pesaingnya, Toyota selalu berinovasi menghadirkan produk dengan spesifikasi tinggi. Tidak berbeda dengan model Zenix, Toyota berhasil memberikan inovasi baru dalam wujud spesifikasi produk yang sangat baik berikut ini.

Sebagai mobil keluaran terbaru, Toyota tentu berusaha menghadirkan fitur-fitur modern dan terbaik untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Berikut ini beberapa spesifikasi pada Innova Zenix yang bisa Anda pertimbangkan.

  1. Velg 18 Inchi

Apabila dilihat secara keseluruhan, Zenix memiliki tampilan yang mirip dengan Innova Reborn. Akan tetapi, saat Anda melakukan pengecekan dengan lebih detail, maka terdapat beberapa perubahan.

Perubahan Toyota Innova Zenix ini membuatnya terlihat lebih modern dan terkesan seperti SUV. Hal tersebut sangat wajar, karena Toyota memberikan label Innova generasi terbaru ini sebagai Innovative Multipurpose Crossover.

Zenix merupakan singkatan dari Zenith dan X, di mana X merupakan inisial dari crossover. Maka, dengan kata lain Zenix diartikan sebagai crossover yang mampu membawa pemiliknya meraih puncak performa terbaik mereka.

Maksud dari performa tersebut yaitu bagaimana pemilik dapat mencapai puncak terbaik mereka dalam berkendara maupun mobilitas sehari-hari. Melalui konsep ini, Toyota berusaha mengembangkan crossover serbaguna yang dicintai seluruh keluarga.

Salah satunya yaitu dengan memberikan penyempurnaan pada model terbaru Toyota Innova Zenix. Mobil ini memiliki jarak sumbu roda lebih panjang hingga mencapai 2.850mm dengan ground clearance mencapai 185mm.

Sementara itu, velg pada mobil berbeda tiap varian. Pada type G, kendaraan memakai velg berukuran 16 inchi dengan ban 205/65, sedangkan type V menggunakan velg 17 inchi dan ban 215/60.

Khusus varian tertinggi yaitu type Q, kendaraan akan memakai velg berukuran 18 inchi dengan ban 225/50. Hal ini tentu patut dipertimbangkan dari segi detail kendaraan untuk kenyamanan saat berkendara.

  1. Platform TNGA: GA-C

Toyota Innova Zenix menggunakan platform Toyota New Global Architecture atau dikenal juga dengan TNGA: GA-C. Platform pada produk series Kijang terbaru ini mirip seperti yang digunakan pada model Toyota Voxy.

Dengan kata lain, ladder frame pada kendaraan yang menjadi rangka di model sebelumnya akan digantikan menjadi gaya monokok. Kelebihan platform ini lebih ringan dan terasa nyaman ketika digunakan berkendara.

TNGA juga memberikan kesempatan bagi engineer Toyota untuk meningkatkan rigiditas body, mengurangi suara yang masuk kabin, hingga mengurangi berat mobil. Maka, tujuan meningkatkan kenyamanan saat mobilitas dapat tercapai dengan baik.

  1. Penggerak Roda Depan (FWD)

Kemudian spesifikasi Toyota Innova Zenix yang dapat dipertimbangkan adalah pemakaian penggerak roda depan (FWD). Hal ini sudah banyak di prediksi masyarakat, mengingat produk modern sudah banyak mengaplikasikan FWD.

Gerak roda depan memang dianggap kurang mumpuni ketika digunakan untuk melaju di jalan tanjakan dibandingkan roda belakang atau rear wheel drive (RWD). Banyak kelebihan FWD yang di aplikasikan pada Zenix.

Beberapa diantaranya yaitu menggunakan komponen lebih sedikit, sehingga membuat ongkos produksi dapat diminimalisir. Kemudian, penggerak roda depan lebih unggul karena lebih hemat dalam penggunaan BBM.

Selain itu, FWD juga memiliki akselerasi lebih mantap yang membuat kabin semakin nyaman. Efek penggabungan FWD dan TNGA: GA-C yaitu panjang bagian kabin mencapai 1.746mm atau bertambah 56mm.

Sementara hip room bangku baris pertama dan kedua pada Toyota Innova Zenix mencapai ukuran 1.488mm atau lebih lebar 46mm. Ruang kepala bangku tengah juga berukuran 85mm atau lebih tinggi 32mm.

Penyempurnaan tersebut tentu menjanjikan dimensi yang lebih nyaman dan terbaik di kelasnya. Kemudian, penggerak FWD membuat terowongan di bawah dek penumpang hilang, sehingga menciptakan lantai lebih rata.

Bermodalkan kelebihan tersebut, Toyota Innova Zenix sanggup memberikan postur duduk yang lebih baik dan tidak mudah lelah kepada penumpang dan pengemudi. Dengan begitu, konsumen akan mendapatkan banyak benefit dari penggunaannya.

  1. Tanpa Transisi Manual

Spesifikasi selanjutnya yaitu berkaitan dengan transisi, di mana Toyota tidak lagi menggunakan model manual. Toyota berinovasi dengan mengganti transisi menggunakan CVT berkode K120 yang lebih halus dan responsive.

Dengan kinerja komponen mekanik yang efisien dan rasio sabuk baja lebih lebar, maka hal tersebut akan memberikan banyak keuntungan. Diantaranya meningkatkan efisien bahan bakar, akselerasi hingga operasional lebih senyap.

Kemudian, terdapat uphill/downhill shift control yang memberikan kontribusi dalam meningkatkan kemampuan berkendara di rute pegunungan. Sistem ini menilai jalan menanjak dan menurun sesuai bukaan gas dan kecepatan mobil.

Saat pengemudi menanjak, kontrol pedal akselerasi akan ditingkatkan. Sedangkan saat menuruni bukit dan mobil menurun cepat, maka downshift akan diimplementasikan secara otomatis untuk memberikan efek engine break lebih kuat.

  1. TTS 3.0 Hadir di Toyota Innova Zenix

Mobil MPV ini menyematkan fitur modern terbaru mereka yaitu TSS (Toyota Safety Sense) versi 3.0. Teknologi ini banyak terintegrasi oleh beberapa model keamanan untuk kendaraan dengan sistem deteksi.

Tidak ketinggalan, Toyota juga menghadirkan T-Intouch untuk mengintegrasi smartphone secara lebih komprehensif. Kegunaan T-Intouch dapat membantu pemilik mobil menemukan lokasi kendaraan hanya dengan melihat smartphone.

Untuk menggunakannya, pengemudi perlu menginstal aplikasi mTOYOTA pada smartphone. Kemudian, fitur T-Intouch juga bisa digunakan untuk memudahkan pencarian kendaraan ketika dicuri menggunakan stolen vehicle tracking.

Dengan beberapa kelebihan menarik pada model Kijang series terbaru ini, Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan pembelian. Kelebihan Toyota Innova Zenix pada penyempurnaan spesifikasi kendaraan tentu akan memberikan Anda banyak benefit.

Demikian sekilas ulasan ini, silahkan simak artikel menarik lainnya, semoga bermanfaat, terimakasih.