9. Sejarah dan Perkembangan Mobil Listrik di Indonesia

Sejarah dan Perkembangan Mobil Listrik di Indonesia

teknognews.com. Hallo sahabat teknognews.com. Mobil listrik di Indonesia, saat ini mulai berkembang karena salah satunya mendapat dukungan penuh dari pemerintah. Mobil listrik juga di gadang gadang disebut sebagai mobil yang ramah lingkungan karena menggunakan listrik sebagai bahan bakarnya.

Sebagai pemilik tambang nikel terbesar di dunia. Indonesia menjadi salah satu negara yang mengikuti perkembangan industri otomotif listrik tepatnya teknologi mobil listrik. Karena nikel yang ada di Indonesia, bisa dijadikan salah satu bahan baku untuk pembuatan baterai dari mobil listrik.

Perusahaan milik Indonesia juga banyak mendukung produksi mobil listrik ini. Bahkan sampai menyediakan stasiun pengisian bahan bakar mobil listrik. Hingga banyak negara lain yang ikut berinvestasi ke mobil listrik. Berikut ulasan yang disajikan oleh tim teknognews.com.

Sejarah Mobil Listrik di Indonesia yang Bisa Kamu Ketahui

Kehadiran mobil listrik membawa harapan baru untuk mencegah pemanasan global. Penemu mobil listrik merupakan penemu revolusioner. Meski beritanya bermunculan dalam kurun waktu 3 tahun terakhir tapi sebenarnya sejarah mobil listrik bermula pada abad 18. Simak artikel berikut :

  1. Ide Awal Mobil Listrik

Sejarah mobil listrik di Indonesia bermula pada abad ke 18, banyak ilmuan dari Hungaria, Belanda dan Amerika Serikat yang berfokus pada kendaraan bertenaga baterai. Pada tahun 1832, muncul pria dari inggris bernama Robert Anderson yang mengembangkan mobil roda tiga. Ini lah yang dicatat sebagai mobil listrik pertama di dunia.

Kemudian pengembang dan segenap yang terlibat memikirkan bagaimana cara supaya untuk mencegah pemanasan global yang akan terjadi di masa depan. Hal itu yang mendasari adanya mobil bertenaga listrik saat ini. Harapan banya orang mungkin dapat terealisasi dengan adanya mobil ini.

  1. Kebangkitan Mobil Listrik

Thomas alva edision yang merupakan salah satu penemu mobil listrik, menyatakan bahwa mobi ini akan menjadi mobil masa depan. Ia juga telah menciptakan baterai yang mampu bertahan lama. Pada tahun 1914 thomas dan henry ford bekerja sama untuk mengembangkan mobil listrik murah.

Tapi hal ini tidak sesuai harapan karena mobil berbahan bakar fosil lebih diminati daripada mobil listrik. Faktor ekonomi juga mempengaruhi karena mobil dengan bahan bakar bensin bisa setengah harga dari harga mobil listrik di kala itu.

Tapi sering bergantinya tahun, muncul produsen mobil listrik yang mendesain mobil listrik dengan tampilan yang lebih menawan. Sehingga masyarakat tidak lag mengesampingkan mobil listrik. Perubahan mobil listrik yang mulanya tidak menarik, kini muncul denan model sedan dan SUV.

  1. Perkembangan Mobil Listrik di Indonesia

Perkembangan mobil listrik di negara Indonesia membawa pengaruh besar bagi negara, karena mobil listrik mulai memasuki pasar Indonesia. Pemerintah juga mulai mengembangkan mobil listrik buatan nasional dan mengadakan investasi secara besar-besaran dengan negara lain.

Desain yang elegan yang dilengkapi dengan fitur teknologi yang canggih membuat masyarakat dunia kepincut. Selain itu, mobil listrik juga berbahan bakar ramah lingkungan dan tidak menghasilkan emisi karbon di mana-mana, sehingga dapat mengurangi kadar CO2 di udara.

Mobil listrik di Indonesia secara teknis merupakan bentuk transportasi electric, sehingga mobil listrik akan berkaitan langsung dengan sumber, pembangkit, penyaluran dan harga listrik itu sendiri. Apabila menggunakan listrik bersubsidi.

Beberapa komponen utama mobil listrik antara lain motor listrik, baterai (accu), alat pengisian ulang (charger), control kecepatan (speed control) dan sistem manajemen energi (Energy Management System), interior dan eksteriornya.

Mobil listrik di Indonesia awalnya menggunakan motor listrik sebagai penggeraknya. Energi listrik tersebut nantinya  diubah menjadi energi mekanik melalui motor listrik supaya dapat menggerakkan mobil listrik tersebut sehingga dapat menempuh jarak yang jatuh.

Motor listrik mendapat tambahan energi dari baterai yang telah diisi sebelumnya. Baterai ini dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan energi listrik. Baterai tersebut dapat diisi ulang jika energi listrik yang ada di baterai telah habis.

Di Indonesia, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui salah satu satuan kerja yaitu Pusat Penelitian Tenaga dan Mekatronik, melakukan penelitian mengenai mobil listrik dari tahun 1997 di mana mesin sebuah mobil konvensional diganti dengan mobil listrik.

Seiring berkembangnya zaman, ada berbagai permasalahan sehingga mobil listrik di Indonesia tidak dapat berkembang menjadi skala industri nasional. Berbagai kendala tentu saja ada, salah satunya adalah tidak ada investor yang mau menanamkan modalnya untuk memproduksi mobil listrik.

  1. Mobil Listrik Pertama di Indonesia

Mobil listrik di Indonesia pertama diciptakan oleh Ricky Elson yang berhasil memproduksi mobil listrik lokal. Sebagai peneliti serta pengembang teknologi di mesin listrik, Ricky memulai eksperimen nya pada tahun 2010 ketika masih bekerja di perusahaan listrik.

Sebagai pengembang teknologi mobil listrik Ricky Elson sangat berdedikasi terhadap bidan ini, sehingga menghasilkan karya yang nyata. Hal ini bisa Anda lihat dari berbagai perspektif ya begitulah mungkin Anda penasaran dengan karya anak bangsa ini.

Ricky membuat mobil listrik pada tahun 2012 dan dinamai dengan Mobil Listrik Seloyang kemudian mobil listrik ini hanya diproduksi dalam waktu kurang 6 bulan saja sebelum akhirnya diperkenalkan dan dipamerkan pada KTT Apec 2013.

Mobil listrik ini mampu berjalan dengan kecepatan 29 km / jam, apabila dikendarai lebih dari 80 km / jam mobil tersebut akan berdampak overheat. Mobil listrik Selo ini mempunyai komponen hingga 70 % berasal dari lokal, sementara untuk baterai dan motor listriknya  harus import dari luar negeri.

Perkembangan mobil listrik dimulai dari pemikiran untuk mencegah bagaimana pemanasan global dapat dicegah. Hal itu juga menjadikan Indonesia juga membuat mobil listrik Indonesia sendiri. Hal itu sangat menarik bukan.

Demikian sekilas ulasan ini, silahkan simak artikel menarik lainnya, semoga bermanfaat, terimakasih.