10. Review Toyota Innova Zenix, Keluarga Kijang Bermesin Hybrid

Review Toyota Innova Zenix, Keluarga Kijang Bermesin Hybrid

teknognews.com. Hallo sahabat teknognews.com. Toyota Innova Zenix merupakan mobil pertama dari keluarga Kijang yang menggunakan mesin Hybrid. Mobil ini pertama kali diluncurkan di Indonesia pada bulan November 2022 yang lalu, dan kemudian akan diluncurkan secara global.

Hadirnya Innova Zenix ini sekaligus menjadi salah satu inovasi yang dilakukan oleh Toyota dengan menciptakan mobil bermesin Hybrid. Dengan ini maka mobil ini tidak lagi menggunakan mesin diesel seperti pendahulunya. Berikut ulasan yang disajikan oleh tim teknognews.com.

Spesifikasi Toyota Innova Zenix Mobil Berteknologi Tinggi

Sebetulnya kemunculan Toyota Innova ini sudah diprediksi pada pertengahan tahun 2022 ini. Di mana ada permohonan dari Toyota Motor Corporation di Jepang kepada Pangkalan Data Kelayakan Intelektual Indonesia atau PDKI.

Mobil MPV bermesin Hybrid ini tidak hanya akan dipasarkan di Indonesia saja melainkan akan dipasarkan secara global. India adalah pasar terdekat kedua yang akan di menjadi terget pemasaran selanjutnya. Berikut ini adalah spesifikasi lengkapnya.

  1. Terdapat Panoramic Sunroof Untuk Tipe V dan Q

Spesifikasi pertama yang dimiliki oleh Innova Zenix ini adalah dengan sudah terdapatnya fasilitas Panoramic Sunroof yang hadir pada Tipe V dan Tipe Q. Ini adalah salah satu inovasi terbaru dari Toyota yang dihadirkan melalui Innova Zenix ini.

Pasalnya Toyota melakukan riset terkait kekurang produk yang dimiliki sebelumnya dengan melakukan riset terhadap kompetitor. Pasalnya Panoramic Sunroof telah terdapat di mobil kompetitornya seperti Wuling Cortez dan KIA Carens.

  1. Captain Seat Ottoman Untuk Penumpang Lebih Nyaman

Toyota Innova Zenix menghadirkan fasilitas captain seat ottoman. Karena pada seri Innova sebelumnya fasilitas captain seat adalah fasilitas yang umum terdapat di sebuah mobil Innova, tetapi Innova Zenix memiliki tipe captain seat ottoman.

Captain seat ini terdapat sebuah sandaran kaki di setiap bangku penumpang sehingga cocok untuk perjalanan jauh agar kaki tidak mudah pegal. Hal ini juga merupakan salah satu pelayanan terbaru untuk perjalanan yang lebih memprioritaskan kenyamanan.

  1. Aura SUV yang Kental

Toyota Innova Zenix merupakan mobil Kijang generasi ke 7, jika dilihat secara sekilas mobil ini memang mirip dengan Innova Reborn, tetapi jika dilihat secara mendetail maka akan nampak menjadi mobil yang mirip ala-ala SUV yang sangat khas.

Itu semua dikarenakan mobil yang satu ini menggunakan velg 18 inci sehingga nampak lebih kekar. Toyota melabeli Innova Zenix ini sebagai Innovative Multipurpose Crossover, sehingga jangan heran apabila mobil Toyota yang satu ini lebih mirip dengan mobil SUV.

  1. Menggunakan Platform TNG: GA-C

Selanjutnya ada pembaruan dari versi Toyota yang sebelumnya dengan Toyota Innova Zenix ini, di mana Innova Zenix sudah menggunakan platform yang bernama Global Architecture atau TNG: GA-C yang mirip dengan apa yang ada di Toyota Voxy.

Dengan ini leadder frame yang ada pada mobil ini sudah tergantikan dengan model monokok yang lebih baru. Kelebihan dari model ini adalah lebih ringan sehingga akselerasi mobil menjadi semakin lincah dan tentunya sangat andal untuk dimiliki zaman sekarang.

  1. Memakai Penggerak FWD

Toyota Innova Zenix juga sudah menggunakan sistem penggerak roda depan atau FWD. Tidak hanya Innova Zenix saja yang menggunakan teknologi ini melainkan beberapa mobil Toyota keluaran terbaru juga sudah mengaplikasikannya seperti Avanza terbaru.

Menggunakan penggerak roda depan atau FWD memiliki beberapa keunggulan seperti lebih hemat BBM, akselerasi jauh lebih baik, kabin menjadi terasa lebih nyaman karena dengan menggunakan penggerak FWD ini tidak terdapat terowongan gardan di depan.

  1. Menggunakan Mesin Hybrid

Toyota Innova Zenix tampil berbeda dari generasi Toyota Kijang Innova sebelumnya yang di mana masih menggunakan mesin bensin dan diesel maka di mobil keluaran terbaru ini penggunaan mobil ber mesin diesel sudah diganti menjadi mesin Hybrid.

Mesin Innova Zenix ini memiliki kode M20A-FXS dengan mesin berkapasitas 1.987cc yang mampu menghasilkan torsi hingga 187nm dan 4.400-5.200 rpm pada puncaknya dan tenaga maksimal 152 PS pada 6.000 rpm sehingga sangatlah andal bagi Anda yang menginginkannya.

  1. 7. Menggunakan Transmisi Full Otomatis

Toyota Innova Zenix atau Kijang Generasi ke 7 kini sudah tidak menggunakan transmisi manual seperti generasi sebelumnya, tetapi sudah diganti menjadi full otomatis dengan menggunakan CVT berkode K120 yang mesinnya sangat halus dan sangat responsif.

Dengan menggunakan sistem transmisi full otomatis tentu saja Toyota banyak menghadirkan perubahan dalam mobil ini mulai dari rasio roda gigi, final gear ratio, adanya mode Sequential Switchmatic 10 kecepatan dan masih banyak lainnya.

  1. Hadirnya Fitur Safety Sense 3.0

Spesifikasi terakhir yang hadir pada mobil Toyota Innova Zenix adalah hadirnya fitur safety sense 3.0. teknologi ini terintegrasi dengan Pre Collision System, Dynamic Rada Cruise Control, Curve Speed Reduction, Lane Tracking Assist dan Automatic High Beam.

Lalu mobil ini juga sudah terintegrasi dengan T-Intouch yang sudah bisa terkoneksi dengan hp sang pemilik sehingga bisa menemukan posisi mobil dengan fitur find my car, dan apabila mobil dicuri bisa melihatnya dengan fitur stolen vehicle tracking.

Untuk harganya sendiri Innova Zenix memiliki banyak tipe yang bisa Anda pilih dan tentu saja harganya juga berbeda-beda. Tipe terendah memiliki harga di antara 419 jutaan dan tipe tertinggi mekiliki harga di angka 611 jutaan.

Dengan serangkaian fitur dan teknologi canggih yang dimiliki mobil MPV ini, membuat Innova Zenix sangat layak untuk Anda beli. Mobil yang satu ini yaitu Toyota Innova Zenix menjadi mobil keluarga terbaru yang paling canggih dari segi fitur dan fasilitasnya.

Demikian sekilas ulasan ini, silahkan simak artikel menarik lainnya, semoga bermanfaat, terimakasih.