4. Performa Baterai Hyundai IONIQ 5 dan Cara Merawatnya

Performa Baterai Hyundai IONIQ 5 dan Cara Merawatnya

teknognews.com. Hallo sahabat teknognews.com. Performa baterai Hyundai IONIQ 5 menjadi salah satu hal yang menjadi sorotan karena dianggap memiliki kualitas yang sangat baik. Baterai adalah salah satu komponen paling penting yang harus diperhatikan ketika Anda ingin memiliki mobil listrik.

Karena nantinya dari baterai tersebut akan menjadi sumber energi utama untuk menggerakkan mobil. Sekarang ini peminat mobil listrik tumbuh dengan sangat cepat seiring dengan kesadaran masyarakat untuk menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan.

Hyundai IONIQ 5 menjadi salah satu mobil yang sangat menarik dan banyak diperbincangkan oleh pecinta otomotif di Indonesia. Ini merupakan mobil yang sangat bisa diandalkan, dengan performa mesin yang bisa dikatakan sangat baik. Berikut ulasan yang disajikan oleh tim teknognews.com.

Ketahui Performa Baterai Hyundai IONIQ 5

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya jika baterai merupakan salah satu komponen paling penting pada mobil listrik. Tentu akan sangat merepotkan ketika menggunakan mobil listrik yang tidak memiliki baterai dengan performa yang buruk.

Hyundai IONIQ 5 merupakan salah satu mobil yang sempat mendapatkan penghargaan sebagai mobil listrik terbaik. Mobil ini sudah dibangun dengan menggunakan platform modular global listrik. Dengan tampilan yang sangat futuristik, mobil ini menarik perhatian banyak orang.

Sebelum membahas mengenai baterai Hyundai IONIQ 5, kami akan memberitahu Anda bahwa mobil ini memiliki beberapa tipe dan spesifikasi baterainya juga akan berbeda-beda. Misalnya saja pada tipe standar akan dibekali dengan kapasitas baterai yang mencapai 58 KWH.

Jika terisi penuh hingga 100% baterai ini diklaim mampu digunakan sejauh 384 km. Tentu saja ini merupakan jarak berkendara yang sangat jauh dan sangat cukup ketika ingin menggunakan mobil ini berkendara sehari-hari.

Oleh karena itu, sepertinya Anda tidak perlu meragukan performa dari baterai Hyundai IONIQ 5. Apalagi sudah ada fitur fast charging yang bisa membantu Anda untuk mengisi daya dengan cepat ketika dibutuhkan.

Sementara itu, untuk kapasitas yang lebih besar yaitu mencapai 72,6 KWH. Dengan kapasitas sebesar ini mobil Hyundai IONIQ 5 bisa digunakan berkendara hingga mencapai jarak 451 km. Untuk baterai tipe stAndar hanya membutuhkan waktu pengisian 5 jam saja.

Berapa Harga Baterai Hyundai IONIQ 5?

Salah satu hal yang mungkin akan Anda pikirkan ketika membeli mobil listrik yaitu mengenai apa yang harus dilakukan ketika terjadi kerusakan pada baterai. Karena mungkin saja ketika terjadi kerusakan pada baterai berarti mobil tidak bisa digunakan.

Perlu diakui untuk harga baterai mobil listrik memang sangat mahal bisa mencapai 50% dari harga mobil itu sendiri. Dari sumber yang kami dapatkan bahwa harga baterai Hyundai IONIQ 5 ini mencapai 40% dari harga mobil itu sendiri.

Jadi jika sekarang harga mobil Hyundai IONIQ 5 ini sekitar 700 jutaan, berarti ketika Anda ingin mengganti baterai harus mengeluarkan uang sekitar 300 juta. Jumlahnya memang tidak bisa dikatakan sedikit. Maka dari itu, Anda setidaknya harus memiliki satu saja.

Sebagai informasi bahwa pihak Hyundai memberikan garansi terhadap pemilik Hyundai IONIQ 5 selama 8 tahun atau 160000 km. Jadi ketika baterai mengalami kerusakan dan masih dalam masa garansi tentu Anda bisa mengklaim garansi ketika melakukan perbaikan atau penggantian.

Cara Merawat Baterai Hyundai IONIQ 5 agar Awet

Sangat penting bagi Anda untuk merawat baterai mobil listrik dengan baik supaya bisa bertahan dalam waktu yang lama. Berikut beberapa tips dari kami untuk membantu Anda merawat baterai mobil Hyundai IONIQ 5 dengan baik.

  1. Hindari suhu tinggi

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dengan baik ketika menggunakan mobil listrik yaitu menghindari suhu tinggi. Sudah ada beberapa kejadian mobil listrik kebakaran yang diakibatkan oleh paparan suhu yang sangat tinggi.

Sebenarnya pada mobil listrik ini sudah menggunakan sistem kontrol suhu otomatis yang bisa menjaga suhu tetap pada batas normal. Akan tetapi, fitur ini hanya akan bekerja ketika mobil dalam keadaan menyala.

  1. Hindari menggunakan fast charging

Untuk menjaga baterai Hyundai IONIQ 5 tetap awet sangat kami sarankan untuk menghindari fast charging. Karena ketika aliran listrik yang masuk terlalu banyak ini bisa saja menyebabkan komponen-komponen pada baterai menjadi lebih cepat rusak.

Jadi sangat kami sarankan kepada Anda untuk melakukan pengisian daya dengan mode stAndar saja. Melakukan pengisian daya dengan model stAndar Ini membutuhkan waktu sekitar 10% lebih lama dibandingkan dengan menggunakan fast charging.

  1. Menggunakan charger asli

Sangat penting bagi Anda untuk menggunakan charger asli ketika melakukan pengisian daya pada mobil listrik. Anda tidak perlu tertarik dengan charger dari pihak ketiga yang mungkin memiliki harga lebih murah daripada jenis lainnya.

Karena ketika menggunakan charger yang tidak asli ini mungkin akan membuat beberapa komponen pada baterai menjadi lebih cepat rusak. Untuk itu pastikan Anda selalu mengisi daya dengan menggunakan charger asli.

  1. Hindari mengetuk atau menjatuhkan baterai

Sangat tidak disarankan kepada Anda untuk mengetuk atau sampai menjatuhkan baterai. Salah satu alasan utamanya ketika terjadi guncangan yang cukup besar mungkin saja akan membuat komponen yang ada di dalamnya tidak bergeser atau rusak.

Ketika terjadi kerusakan tentunya Anda harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Karena harga untuk mengganti baterai mobil IONIQ 5 ini mencapai 40% dari harga mobil itu sendiri. Oleh sebab itu, lekas pertimbangkan untuk membelinya.

Menjaga baterai tetap sehat ketika menggunakan mobil listrik memang harus dilakukan oleh semua orang yang memiliki mobil listrik. Dengan begitu Anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk melakukan penggantian baterai Hyundai IONIQ 5 sebelum waktunya tiba.

Demikian sekilas ulasan ini, silahkan simak artikel menarik lainnya, semoga bermanfaat, terimakasih.