3. Penyebab Bug Game Android, Pengertian dan Cara Mengatasi

Penyebab Bug Game Android, Pengertian dan Cara Mengatasi

teknognews.com. Hallo sahabat teknognews.com. Penyebab bug game android menjadi salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh para pemain game online dalam smartphone android. Hal ini akan menjadi sebuah permasalahan cukup serius ketika pemain tidak segera melakukan penanganan yang tepat.

Apalagi saat bug muncul ketika permainan sedang berjalan seru-serunya. Hal tersebut dapat menyebabkan kekalahan sehingga jalannya permainan tidak bisa menyenangkan lagi. Tidak jarang para pemain justru merasa jengkel ketika hal tersebut terjadi.

Maka dari itu, sebelum melangkah lebih jauh pada cara mengatasinya. Pastikan terlebih dahulu Anda mengetahui pengertian dan hal-hal yang menyebabkannya terlebih dahulu. Sehingga nantinya proses untuk mengatasi akan berjalan lebih mudah. Berikut ulasan yang disajikan oleh tim teknognews.com.

Apa Itu Bug pada Game Android?

Bagi Anda yang memiliki hobby bermain game baik dalam beberapa jenis smartphone, maupun personal computer. Pasti sudah sering mendengar dan tidak asing dengan istilah ini. Sebab hal tersebut akan menimbulkan permasalahan dalam jalannya permainan.

Istilah bug sendiri perlu diketahui untuk membantu Anda mengetahui penyebab bug game android tersebut. Sebab, meskipun banyak sekali orang menyebutkan istilah ini masih banyak masyarakat belum mengetahui penjelasan lengkapnya.

Secara garis besar Anda dapat mengetahui bahwa hal ini merupakan sebuah kondisi saat game mengalami cacat atau kerusakan dalam programnya. Sehingga kecacatan maupun kerusakan tersebut terjadi akibat kesalahan bahasa pemogramannya.

Kondisi ini dapat terjadi dikarenakan beberapa kondisi khusus di dalam permainan tersebut. Beberapa di antaranya seperti kesalahan desain, kesalahan konfigurasi dalam sebuah pemrogramannya. Sehingga hal ini menjadi permasalahan serius untuk diperhatikan.

Sebenarnya hal ini menjadi PR khusus bagi pihak developer untuk lebih memperhatikan tiap detail sebelum dipasarkan. Meski demikian, bagi para pemain pengetahuan ini akan sangat membantu dalam mengetahui penyebab bug game android.

Sehingga Anda dapat menyimpulkan bahwa hal ini adalah kondisi di mana permainan memiliki kerusakan maupun kecatatan. Pada dasarnya, kondisi ini banyak ditemui pada beberapa permainan yang baru saja melakukan rilis.

Namun, tidak jarang kondisi tersebut juga dapat dimiliki pada beberapa game yang baru saja mendapatkan update terbarunya. Sehingga hal ini menjadi salah satu tempat sering terjadi kejadian seperti ini.

Sifat dari kerusakan ini adalah mengganggu bahkan merusak permainan tersebut. Sehingga nantinya ekosistem dalam sebuah game dapat terganggu dan merugikan pemain. Maka dari itu, pihak developer akan segera melakukan perbaikan sebelum kerusakan semakin besar.

Penyebab Bug Game Android yang Perlu Diketahui

Selanjutnya dalam mempermudah proses eksekusi permasalahan kendala pada game. Maka, baik developer maupun pemain perlu mengetahui beberapa hal yang dapat menyebabkan kendala satu ini.

Sebab hal ini dapat terjadi karena beberapa kondisi. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengetahui secara lengkap apa saja penyebab bug game android. Penyebab pertama adalah karena buruknya komunikasi yang dilakukan oleh klien dan programmer.

Sebelum game diluncurkan pasti pihak developer akan memberikan tester bagi beberapa orang. Hal ini tentu memiliki tujuan semacam supaya nanti dapat diketahui solusi dari permasalahannya.

Sehingga, ketika buruknya komunikasi dapat membuat bug kecil tersebut tidak direspon. Hal ini nantinya dapat membuat permasalahan menjadi lebih besar. Kedua adalah karena deadline atau dateline mepet bagi pengembang software.

Kondisi tersebut dapat berakibat pada pengerjaan yang terburu-buru. Sehingga tidak jarang dapat mengesampingkan beberapa detail kecil, yang justru dapat menyebabkan permasalahan cukup besar di kemudian hari.

Software sangat kompleks sehingga dapat berpengaruh cukup tinggi terhadap kemungkinan munculnya bug tersebut. Hal ini dikarenakan akan ada banyak kode yang berjalan secara bersamaan dan membutuhkan proses coding yang tepat dan baik.

Sehingga, software kompleks juga dapat menjadi penyebab bug game android. Sebab hal ini akan menimbulkan kondisi cukup rentan terjadinya kesalahan dengan berbagai fitur berbeda.

Selanjutnya adalah adanya perubahan kode dan tidak dilakukan dokumentasi secara baik. Kondisi ini dapat terjadi karena kadang software bisa dikerjakan oleh lebih dari satu programmer. Sehingga risiko munculnya bug akan cenderung lebih sering terjadi.

Dalam dunia pemrograman tiap kode wajib dilakukan dokumentasi dengan teliti dan dicatat. Sebab, ketika hal ini tidak dilakukan dan kode dirubah mampu menimbulkan hasil yang tidak sesuai harapan.

Cara Mengatasi Penyebab Bug Game Android secara Mudah

Informasi selanjutnya adalah berbicara mengenai cara mengatasi problematika permainan satu ini. Hal ini dapat membantu Anda dalam mengatasi permasalahan lebih cepat. Sehingga nantinya pihak developer dapat segera melakukan perbaikan secepatnya.

Maka dari itu, setelah mengetahui penyebab bug game android Anda harus mengetahui cara cepat dalam mengatasinya. Pertama adalah dengan melakukan penelusuran pada script yang dimiliki. Hal ini dikarenakan kesalahan disebabkan pada script tidak lengkap.

Maka dari itu, Anda dapat melakukan penelusuran script secara lebih detail dari yang biasa dilakukan. Sehingga, nantinya Anda dapat menemukan solusi dari permasalahan ini tanpa harus panik.

Kedua adalah melakukan perbaikan pada kode yang salah. Hal ini tentunya menjadi solusi mudah bagi beberapa individu yang memiliki pengetahuan pada hal tersebut. Sebab beberapa orang mungkin tidak mengetahui cara dalam melakukan perbaikannya.

Namun, perlu diketahui bahwa dalam melakukan perbaikan namun game tidak bisa dioperasikan, maka dapat dipastikan penyebab bug game android tidak terletak pada scriptnya. Maka dari itu, Anda dapat mencoba cara ketiga, yaitu bertanya pada forum.

Pada umumnya, pihak developer akan memberikan ruang khusus bagi para pengguna untuk bertanya ketika mengalami kesulitan atau permasalahan. Tentunya hal ini dapat menjadi solusi alternatif lainnya.

Sehingga jika ada pemain mengalami permasalahan serupa dapat dibantu dalam menyelesaikan kendala tersebut. Kemudian untuk cara selanjutnya adalah melakukan perbaikan menggunakan debugger.

Debugger sendiri merupakan aplikasi khusus sehingga seorang programmer dapat melakukan perhentian eksekusi dengan mudah. Sehingga Debugger mampu menjadi solusi mengatasi permasalahan tersebut.

Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan dalam mengatasi kendala kelancaran game pada android tersebut. Hal itu menjadi salah satu solusi terbaik untuk diketahui dalam mengatasi penyebab bug game android.

Demikian sekilas ulasan ini, silahkan simak artikel menarik lainnya, semoga bermanfaat, terimakasih.