Kelebihan Motor Listrik, Canggih dan Ramah Lingkungan.jpg

Kelebihan Motor Listrik Indonesia, Canggih dan Ramah Lingkungan

teknognews.com. Hallo sahabat teknognews.com. Sudah tahukah Anda apa saja kelebihan motor listrik Indonesia yang membuatnya kian populer? Bagi Anda yang update tentang dunia otomotif pasti sudah tidak asing dengan motor listrik. Seperti namanya, kendaraan roda dua jenis ini memang menggunakan aliran listrik sebagai sumber tenaga penggeraknya. Berikut ulasan dari tim teknognews.com.

Motor telah menjadi slah satu alat transportasi yang banyak digunakan di Indonesia. Motor dianggap sebagai kendaraan yang paling fleksibel digunakan untuk berbagai kondisi jalan. Selain itu, menggunakan motor juga lebih efisien waktu jika dibandingkan dengan kendaraan jenis lainnya.

Seiring perkembangannya, saat ini jenis motor semakin banyak dan beragam. Salah satu yang mulai populer digunakan beberapa waktu belakangan ini adalah motor listrik. Kelebihan motor listrik Indonesia dianggap lebih ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar bensin.

Seperti namanya, kendaraan jenis ini menggunakan baterai untuk menghasilkan sumber tenaga. Baterai pada motor listrik bisa diisi ulang sehingga Anda tidak perlu mengisi bahan bakar bensin untuk bisa menghidupkan kendaraan.

Tapi apa sebenarnya kelebihan yang dimiliki motor listrik sehingga membuatnya menjadi populer? Simak penjabaran lengkapnya di bawah ini :

Kelebihan Motor Listrik Indonesia untuk Mobilitas Sehari-hari

Harga bahan bakar minyak (BBM) yang semakin tinggi serta ketersediaan yang terbatas membuat banyak orang mulai meninggalkan motor konvensional. Banyak orang yang mulai beralih menggunakan motor listrik karena lebih simple dan efisien.

Motor listrik menawarkan banyak kelebihan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat modern seperti saat ini. Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh motor listrik untuk Anda ketahui :

  1. Tidak Perlu Mengisi Bensin

Seperti namanya, motor listrik menggunakan sumber tenaga yang berasal dari baterai. Hal ini membuat pengguna motor listrik tidak perlu membeli bensin atau BBM sebagai sumber penggerak mesin kendaraan.

  1. Memiliki Kapasitas Baterai Cukup Besar

Kelebihan motor listrik Indonesia yang lainnya adalah memiliki battery management system optimal. Dalam satu kali pengisian daya, motor ini mampu menempuh jarak sekitar 80 hingga 100 km. Kapasitas baterai yang dimiliki berkisar 5.000 kWh.

  1. Menggunakan Monitoring System

Beberapa jenis mobil listrik telah dilengkapi dengan monitoring system yang baik. Hal ini memudahkan pengguna kendaraan ini untuk memeriksa dan memantau kondisi motor. Salah satu contohnya seperti speedometer indicator yang bisa dikoneksikan dengan sistem android.

  1. Dapur Pacu yang Gesit

Meski menggunakan sumber daya listrik, akan tetapi dari segi kecepatan, motor listrik tidak kalah jika dibandingkan dengan motor konvensional. Ada berbagai jenis tipe motor yang bisa Anda pilih salah satunya tipe motor 125 cc dengan kecepatan 100 km/jam.

  1. Memiliki Durabilitas yang Relatif Lama

Kelebihan motor listrik Indonesia yang selanjutnya adalah memiliki durabilitas yang relatif lama. Beberapa jenis motor listrik telah dilengkapi dengan sistem transmisi timing belt yang bisa memutar roda belakang. Dengan adanya sistem ini, motor listrik akan lebih awet dan tahan lama serta tidak mudah terendam air.

  1. Dilengkapi dengan Day Running Light System

Beberapa jenis motor listrik telah dilengkapi dengan Day Running Light System. Sistem ini berfungsi sebagai lampu sein dan stoplamp. DRL jua memiliki desain yang sporty sehingga membuat tampilan motor listrik menjadi semakin keren.

  1. Memiliki Rangka Kokoh

Motor listrik juga memiliki kualitas ketahanan saat mengangkut beban yang tidak kalah dari motor konvensional. Motor listrik telah menggunakan sasis  yang kokoh dengan daya angkut yang mencapai 150 kg.

Kekurangan Motor Bertenaga Daya Listrik

Meski kelebihan motor listrik Indonesia cukup banyak, akan tetapi kendaraan jenis ini tepat memiliki kekurangan. Jadi sebelum memutuskan untuk menggunakan motor listrik ini pastika Anda telah memahami apa saja kekurangan dari motor jenis tersebut.

Beberapa kekurangan dari motor yang menggunakan tenaga listrik ini adalah sebagai berikut :

  1. Jarak Tempuh dan Sistem Pengisian Daya

Motor listrik mampu menempuh jarak antara 80 km hingga 100 km. Akan tetapi setelah menempuh jarak tersebut, tidak ada jaminan bahwa Anda akan menemukan tempat pengisian daya jika motor tiba-tiba kehabisan daya. Tidak hanya itu, motor listrik juga belum mumpuni jika digunakan untuk berkendara jarak jauh.

  1. Sparepart dan Bengkel Resmi yang Terbatas

Berbagai kelebihan motor listrik Indonesia belum didukung dengan ketersediaan sparepart dan bengkel resmi yang mumpuni. Hal ini pastinya cukup menyulitkan jika terjadi kendala di tengah jalan karena Anda tidak mungkin membawanya ke bengkel konvensional.

Sebenarnya pemesanan suku cadang bisa dilakukan secara online. Akan tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama karena pemesanan dilakukan dari luar negeri. Belum lagi Anda harus mencari bengkel resmi yang jumlahnya masih sangat terbatas.

  1. Beban Maksimal Masih Kurang

Meski kelebihan motor listrik Indonesia memiliki sasis yang kokoh akan tetapi beban maksimal untuk motor jenis listrik ini berbeda dengan jenis motor konvensional. Meski memiliki beban daya maksimal 150 kg, akan tetapi Anda tidak bisa menggunakan pada beban maksimal tersebut secara terus menerus.

Secara umum, beban yang aman untuk motor listrik adalah 120 kg atau setara dengan dua orang berboncengan. Beban ini pastinya masih kalah dengan beban maksimal yang bisa digunakan pada motor konvensional.

Motor listrik bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin kendaraan dengan teknologi lebih canggih. Walaupun memiliki kelebihan perhatikan juga berbagai kekurangannya sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Dengan berbagai kelebihan motor listrik Indonesia, kendaraan ini dianggap lebih efisien serta hemat karena tidak membutuhkan bensin untuk menggerakkan mesin kendaraan.

Demikian sekilas ulasan inisilahkan simak artikel menarik lainnya, terimakasih.