10. Cara Kerja Mobil Listrik, Komponen dan Keuntungannya.

Cara Kerja Mobil Listrik, Komponen dan Keuntungannya

teknognews.com. Hallo sahabat teknognews.com. Cara kerja mobil listrik memiliki perbedaan bila dibandingkan dengan kendaraan bermesin konvensional seperti yang biasa Anda pakai. Sistem penggeraknya jauh lebih sederhana, dan ada beberapa jenisnya.

Seiring berkembangnya zaman, tren mobil listrik semakin naik. Banyak perusahaan baik negeri maupun swasta berlomba lomba mulai mengeluarkan produk-produk yang sudah terelektrifikasi. Ditambah lagi dengan dukungan pemerintah Indonesia yang sangat membantu proses produksinya.

Beberapa keuntungan dari mobil listrik adalah lebih ramah lingkungan daripada mobil konvensional pada umumnya. Mobil listrik tidak menghasilkan emisi gas buang, senyap ketika dikendarai, dan performanya bisa bersaing dengan mobil ICE (internal combustion engine). Berikut ulasan yang disajikan oleh tim teknognews.com.

Cara Kerja Mobil Listrik yang Perlu Anda Ketahui

Cara kerja dari mobil listrik itu sebenarnya sederhana. Tahapannya hanya Daya listrik dalam baterai disalurkan ke motor listrik untuk menggerakkan roda mobil. Berikut penjelasan cara kerjanya secara bertahap:

  1.  Saat Pedal Akselerasi Ditekan, Control Module Mengatur Aliran Daya Listrik dari Baterai ke Inverter.

Ini merupakan tahap pertama dari cara kerja mobil listrik, tahap ini merupakan tahap awal di mana, ketika Anda menginjak pedal. Control module akan menghantarkan aliran daya listrik dari baterai ke inverter. Aliran listrik ini merupakan aliran DC (Direct Current).

Pedal bisa kita ibaratkan sebagai saklar pada lampu. Di mana ketika Anda menekan saklar itu maka control modul akan menghantarkan listrik pada lampu. Begitulah cara kerja bagian mobil listrik yang pertama.

  1. Inverter Mengubah Arus Listrik Dari DC Ke AC, Kemudian Disalurkan Ke Motor Traksi Sesuai Dengan Tekanan Pada Pedal Akselerasi.

Cara kerja mobil listrik selanjutnya adalah inventer akan mengubah arus searah (dc) menjadi bolak balik (ac). Hal itu merupakan hal awal agar listrik dapat digunakan menjadi sumber tenaga yang dapat di manfaatkan menjadi tenaga motoric.

Aliran listrik yang diubah menjadi dua arah itu dapat disesuaikan dengan mengatur tekanan pada pedal akselerasi. Hal itu berguna untuk mengatur kecepatan pada motor traksi. Karena percepatan motor traksi yang Anda hasilkan sesuai dengan tekanan pada pedal.

  1. Motor Traksi Mengubah Daya Listrik Menjadi Energi Kinetik (Rotasi/Putaran).

Motor traksi adalah sebuah dinamo listrik yang mempunyai peran penting dalam rangkaian mobil listrik. Mengingat fungsi utamanya sebagai pemberi daya putar transmisi dan juga roda. Nah untuk menghasilkan putaran ini motor traksi membutuhkan energy listrik sebagai pendukung.

Cara kerja mobil listrik yang selanjutnya adalah motor traksi yang sebelumnya sudah dialiri energy listrik. Kemudian, energi listrik tersebut akan diubah menjadi energy kinetik atau putaran pada roda mobil listrik.

  1. Putaran Rotor Pada Motor Traksi Kemudian Menggerakkan Transmisi Untuk Memutar Roda, Sehingga Mobil Berjalan.

Setelah motor traksi mempunyai energy listrik. Kemudian, rotor yang ada pada motor traksi akan berputar dan menghasilkan energi kinetik. Hal itu lah yang akan membuat gerakan pada roda. saat ini, Anda tau kan bagaimana cara kerja mobil listrik tersebut.

Komponen – Komponen Pada Mobil Listrik yang Bisa Anda Kenali

Setelah mengetahui cara kerja mobil listrik, selanjutnya adalah mengetahui Rangkaian komponen mobil listrik. Tentunya berbeda jika dibandingkan dengan mobil konvensional. komponen pada mobil listrik beserta fungsinya yang membuat mobil ini sebanding bahkan melebihi mobil konvensional.

  1. Traction Battery

Komponen mobil listrik yang pertama adalah baterai traksi karena fungsi utamanya adalah menyimpan dan mengalirkan arus listrik searah (direct current) ke inverter yang kemudian di gunakan untuk menggerakan motor traksi.

Ketika controller mengimkan sinyal, maka baterai traksi akan langsung menggerakan motor traksi. Baterai traksi dibuat dengan struktur yang kokoh dan kekar agar komponen yang sangat penting ini tidak mudah rusak.

  1. Power Inverter

Arus listrik direct current (dc) dari baterai traksi akan dialirkan ke inverter terlebih dahulu untuk diubah menjadi alur listrik alternating current (ac) atau bolak balik. Proses itu di mulai ketika controller mengirimkan sinyal ke baterai.

Inverter juga berfungsi mengontrol tekanan pada pedal gas. Yang artinya Inverter bisa memperlambat dan mempercepat laju motor. Pada mobil listrik biasanya yang digunakan adalah bi-directional inverter.

  1. Power Charge

Charger termasuk komponen mobil listrik, yang sifatnya pendukung. Artinya, charger mengisi daya baterai dengan arus listrik ac dari PLN. Lalu itu bisa  diubah menjadi dc yang di simpan di dalam baterai traksi.

Dalam pengisian daya pada mobil listrik, ada dua jenis pengisian daya yaitu, on board charger yang terpasang di dalam interior mobil. Kedua , yaitu off board charger atau pengisian yang terletak di luar mobil listrik.

Keuntungan Mobil Listrik yang Berbeda dengan Mobil Konvensional

Ada berbagai kelebihan mobil listrik lainnya dibandingkan dengan mobil pada umumnya yang berbahan bakar minyak. Kelebihan-kelebihan pada mobil listrik tentu tidak dapat dinikmati pengguna mobil konvensional.  Simak ulasan kelebihannya di bawah ini.

  1. Ramah Lingkungan

Mobil listrik disebut sebagai mobil ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi, yang mana dapat membuat pemanasan global. Kendaraan ini memiliki mekanisme laju yang diproses menggunakan daya listrik, dengan begitu tidak akan menghasilkan residu emisi Co2.

  1. Suara Mesin Tidak Bising 

Kelebihan selanjutnya adalah mobil ini digerakkan oleh listrik, maka suara mesin yang dihasilkan lebih senyap atau tidak bising. Hal ini karena cara kerja mobil listrik sederhana yang akan membuat pengemudi lebih nyaman dan fokus saat berkendara di jalan.

  1. Pengisian Bahan Baterai yang Praktis 

Kelebihan yang paling berbeda dibandingkan dengan mobil bbm adalah pengisian bahan bakar listrik dan dengan sekali pengisian melalui pengecasan dapat digunakan dalam jarak jauh.

Selain itu, Anda tidak perlu mengantri seperti mobil konvensional di pom bensin, namun hanya dengan mengisi bahan baterai di rumah atau tempat umum yang memang sudah disediakan.

Menggunakan mobil listrik memiliki berbagai keuntungan untuk Anda, terlebih untuk yang ingin mencegah pemanasan global. Selain itu, cara kerja mobil listrik juga sangat sederhana berbeda  dengan mobil konvensional.

Demikian sekilas ulasan ini, silahkan simak artikel menarik lainnya, semoga bermanfaat, terimakasih.