1. Apa Itu Mastodon yang Ramai Diperbincangkan Pengguna Twitter

Apa Itu Mastodon yang Ramai Diperbincangkan Pengguna Twitter

teknognews.com. Hallo sahabat teknognews.com. Pertanyaan tentang apa Itu Mastodon menjadi perbincangan hangat di media sosial. Tidak hanya bagi pengguna Twitter, namun sebagian besar masyarakat lainnya. Ini sekaligus menjadi dampak adanya perubahan kepemimpinan perusahaan yang menaungi Twitter.

Twitter hingga saat ini menjadi salah satu media sosial dengan jumlah pengguna cukup banyak. Hal ini melihat bahwa kebutuhan manusia akan sosial media saat ini juga terus meningkat. Media sosial mampu menjadi hal paling penting di masyarakat.

Sehingga meskipun saat ini popularitas Twitter mulai menurun namun terdapat salah satu aplikasi lainnya yang banyak diperbincangkan. Hal tersebut adalah Mastodon, yang akan Anda simak secara lengkap penjelasannya di bawah ini. Berikut ulasan yang disajikan oleh tim teknognews.com.

Penjelasan Apa Itu Mastodon secara Lengkap

Di era modern seperti saat ini pemakaian sosial media juga cenderung mengikuti trend. Hal ini dikarenakan beberapa pengguna cenderung memiliki tempo waktu dalam menggunakan satu jenis sosial media tersebut.

Maka dari itu, tidak heran jika beberapa pengguna media sosial cenderung tidak bertahan hanya pada satu jenis saja. Hal tersebut juga berlaku untuk jenis satu ini. Mastodon saat ini cenderung banyak diminati oleh masyarakat, yang beralih dari Twitter.

Pengguna Twitter cenderung pindah pada apk satu ini tentu dengan beberapa alasan. Lantas, mengenai apa itu Mastodon kini menjadi ramai diperbincangkan. Sebenarnya peluncuran apk ini untuk pertama kalinya dilakukan pada tahun 2016 silam.

Seperti halnya aplikasi pada umumnya Mastodon juga telah tersedia pada Google Play Store maupun App Store. Selain itu platform satu ini juga tersedia dalam bentuk browser sehingga akan memudahkan pengguna dalam memanfaatkan layanannya.

Platform satu ini memiliki tampilan hampir sama dengan Twitter mulai dari menu dan penempatannya. Namun terdapat beberapa hal mendasar yang dapat Anda bedakan dari pemakaian sosial media satu ini. Hal tersebut pada explore, timeline, dan lainnya.

Namun, salah satu hal wajib untuk diketahui dalam pembahasan apa itu Mastodon adalah dalam bentuknya. Mastodon termasuk jenis yang terdesentralisasi sehingga merupakan media sosial mandiri, berbeda dengan Twitter.

Sehingga Anda dapat menyimpulkan bahwa layanan satu ini memiliki berbagai jenis server, yang nantinya dapat dipakai dalam bentuk berbeda. Tentu saja hal tersebut tidak sama jika dibandingkan dengan Instagram, Twitter, maupun Facebook.

Saat ini jumlah penggunanya berada dalam angka 655 ribu dan akan terus mengalami peningkatan. Sebab bersamaan akuisisi Twitter pengguna cenderung beralih dari fase yang sebelumnya.

Apa Itu Mastodon serta Kelebihan dan Kekurangannya

Twitter menjadi salah satu media sosial yang menerapkan biaya langganan sebesar Rp124.760 bagi para pemilik akun centang biru. Maka dari itu tidak heran jika banyak pengguna memiliki meninggalkan layanan yang cukup digemari beberapa tahun terakhir.

Mastodon sebagai salah satu sasaran migrasi tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sehingga, bersama dengan penjelasan apa itu Mastodon Anda akan mengetahui beberapa baik buruknya apk tersebut.

Kelebihan dari apk ini yang pertama adalah kebebasan dalam menyampaikan argumen atau mencuitkan sesuatu hal. Sehingga ketika postingan tersebut cenderung menyinggung orang lain hal tersebut tetap bisa untuk dilakukan.

Hal tersebut juga dibuktikan dari laporan tingginya angka cuitan dengan nada rasis. Namun, hal ini dikembalikan lagi kepada pengguna dimana pihaknya memberikan kebebasan kepada para individu. Hal tersebut dalam hal melakukan kontrol masing-masing.

Selanjutnya terdapat kebijakan di mana pengguna dapat membuat server dan mengizinkan beberapa orang tertentu yang ingin bergabung pada server tersebut. Selain itu, fitur emailnya tidak bisa menggunakan data sebagai layanan monetisasi.

Hal tersebut membuat banyak pengguna menyukainya karena tidak adanya iklan, yang akan menutupi konten di media sosial tersebut. Selanjutnya adalah Anda mampu menuliskan cuitan dengan nama toots hingga 500 karakter.

Melihat informasi terkait apa itu Mastodon tentu tidak akan lengkap tanpa pengetahuan mengenai kekurangannya. Beberapa di antaranya adalah pada kurangnya petunjuk yang jelas untuk tata cara pemakaiannya, sehingga banyak pengguna merasa kebingungan.

Selanjutnya untuk cara pembuatan server dan pemberhentian masih menjadi informasi yang jarang ditemui di beberapa platform. Selanjutnya metodenya juga sedikit berbeda dari kebanyakan media sosial. Selain itu jumlah pengguna yang cenderung masih sedikit.

Inilah Cara Membuat Akun Mastodon

Berikutnya adalah hal mendasar menjadi perhatian bagi Anda yang ingin menggunakan Mastodon, yaitu cara pembuatan akunnya. Sebab hal ini cenderung berbeda dengan kebanyakan media sosial lain, yang selama ini digunakan masyarakat.

Sehingga ketika mengetahuinya pengguna dapat dengan mudah melakukan adaptasi untuk masuk pada apk tersebut. Maka dari itu langkah pertama yang perlu dilakukan oleh pengguna baru dalam memahami apa itu Mastodon adalah dengan unduh terlebih dahulu.

Silakan untuk download aplikasi Mastodon terlebih dahulu pada Google Play Store maupun App Store. Tunggulah beberapa saat hingga aplikasi terinstall semuanya. Setelah itu silakan membuka apk dan masuk pada halaman utama.

Di sini Anda akan dihadapkan pada dua pilihan, yaitu daftar atau log in. Jika belum memiliki akun maka silakan untuk memilih “Daftar”. Selanjutnya halaman akan menunjukkan pada beberapa bidang yang Anda sukai dan harus diisi.

Silakan memiliki satu bidang dan hal ini akan menentukan server belakang Anda. Berikutnya klik Next dan silakan memasukkan identitas. Data berupa nama pengguna, user, alamat email, dan kata sandi. Lakukan konfirmasi dengan mengulanginya lagi.

Klik daftar dan silahkan membuka email Anda, halaman verifikasi pada apa itu Mastodon akan disampaikan melalui email, yang sebelumnya telah Anda gunakan untuk mendaftar pada aplikasinya.

Klik halaman verifikasi dan ketika berhasil pengguna akan langsung dibawa pada halaman menu apk Mastodon. Setelah itu silahkan untuk menggunakan layanan pada apk ini. Pengguna dapat langsung akses pada menunya dengan mudah.

Sebagai apk terbaru di kalangan pengguna media sosial, faktanya Mastodon diresmikan sudah cukup lama. Namun popularitasnya baru dimulai saat ini. Berdasarkan informasi ini, banyak pengguna dapat mengetahui apa itu Mastodon dengan baik.

Demikian sekilas ulasan ini, silahkan simak artikel menarik lainnya, semoga bermanfaat, terimakasih.